Asal Usul Macaroni Scotel

Kurang pas rasanya udah jualan Macaroni Scotel selama 1 tahun tapi Mami sendiri gak tau asal muasalnya Macaroni ini hehe..

Mulanya agak bingung asal muasal Macaroni ini, ada yang bilang dari Italia tapi ada juga katanya dari Cina. Macaroni sendiri cukup ngetop di Indonesia ada yang bilang Macaroni Scotel ada yang bilang Macaroni Panggang, ada juga ejaannya Macaroni atau Makaroni yang bener yang mana yah ? 🙂

Oke setelah googling dan cari-mencari literatur inilah penjelasan yang Mami bisa jelasin :

Macaroni adalah salah satu jenis pasta yang berasal dari Italia.  Bahan dan cara pembuatannya sendiri  dari tepung terigu, hard wheat varietas durum atau tepung semolina, milled durum, yaitu butiran dari endosperm biji gandum.
Macaroni biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Macaroni sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, sapi dan masih banyak lagi sesuai selera. Nah kalau mami sendiri seleranya bisa liat di Menu atas yah hehe..

Kalau di Italia tepung ini terus dicampur dengan air lantas ditambahin telur. Uniknya, cuman varietas gandum jenis durum saja yang cocok untuk membuat pasta. Jenis gandum ini dipilih gara-gara tingginya kandungan protein gluten yang terkandung, sehingga menjadikan adonan pasta kenyal dan elastic. Setelah dibentuk dikeringkan sampai kadar airnya 12 %, bisa membuat macaroni tahan disimpan berlama-lama.

Oke, sekarang lanjut bahas kata Scotel

Scotel ternyata asalnya dari bahasa Londo yang artinya “piring”. Pada jaman VOC dulu, nonik-nonik Belanda pada doyan yang namanya pasta yang disajikan di atas piring. Nah dari situlah nama macaroni scotel tersebar dan ngetop sampai sekarang.

Mungkin dulu macaroninya disajikan di atas batok kelapa hihi..kalau kelapa jadinya macaroni coconut yak haha..
Katanya di Italia maupun Belanda makanan jenis ini malah tidak populer loh, terutama yang bentuk dan resepnya yang umum yang kita tahu dan digunakan di Indonesia.

Yaa.. itu kan baru katanya, mungkin mereka harus coba MacaroniMami kali ya…macaroni asli Indonesia from Ciledug City, Tangerang .

Oke segitu aja yang dapat Mami jelasin dengan keterbatasan ilmu yang Mami punya, kalau ada tambahan monggo di komentarin semoga dapat menambah wawasan kita tentang kuliner di Indonesia 🙂

MM

note: berikut beberapa referensi dari temen2 dari twitter mengenai asal usul Macaroni Scotel :

@amyiljas: @MacaroniMami dr cina ‘mi.. Dibawa ke Itali sm Colombus kalo gk salah..

@fanimargareta : @MacaroniMami macaroni dari italia,kalo spaghetti dkk yg panjang2 mulanya dari cina,dibawa ke italia sm colombus,disesuaikan dg lidah italia

image source http://simplyrecipes.com/

One thought on “Asal Usul Macaroni Scotel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *