Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

gandum

Coba blog walking siang ini Mami menemukan fakta yang menarik tentang sumbernya penyakit.Ternyata sebagian besar disebabkan oleh lemahnya kekebalan tubuh ?

Yup bener banget, penyakit ringan yang seringkali disebabkan oleh virus seperti misalnya influenza, kerap menyerang seseorang. Ada yang bertahan dan tetap sehat, dan ada pula yang akhirnya terinfeksi karena kekebalan tubuhnya lemah.

Tak hanya penyakit ringan saja, kabarnya, beberapa virus lain juga sering menyerang kekebalan tubuh seseorang. Bagaimana meningkatkan kekebalan tubuh agar tak mudah terserang virus?

Para ahli gizi percaya, bahwa makanan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara yang praktis dan murah. Melewati berbagai penelitian, seperti dikutip dari IndiaTimes, ditemukan beberapa makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia, ini dia :

Ikan

Banyak sumber mengakatan masyarakat Indonesia masing jarang makan Ikan. Coba aja lihat sendiri makanan kita sehari-hari, pasti yang paling banyak Ayam kan ? hehe. Asam lemak omega-3 dalam ikan laut dalam seperti salmon, tuna dan mackerel dikatakan adalah yang terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan asam lemaknya dapat meningkatkan aktivitas phagocytes atau jumlah darah putih yang ada di dalam tubuh, sehingga dapat memerangi bakteri yang menyerang tubuh.

Gandum utuh

Nasi merah, oatmeal, gandum, adalah menu gandum-ganduman yang memang kaya antioksidan, protein dan serat. Banyak ahli gizi percaya bahwa dengan mengonsumsi gandum utuh dan menggantikan karbohidrat nasi dengannya akan membuat tubuh lebih sehat dan tidak gampang sakit.

Dengan meningkatkan konsumsi pada makanan-makanan di atas, setidaknya Anda membantu diri sendiri untuk terhindar dari segala jenis penyakit yang mengancam lewat serangan kekebalan tubuh. Dan dijamin deh, Anda jarang sakit-sakitan.

Bawang Putih dan Bawang Merah

Sudah sejak berabad-abad lalu, bawang putih menjadi bahan utama hampir setiap masakan. Umumnya, orang mengenal bahwa bawang putih ini memberikan rasa yang sedap pada makanan. Padahal, di sisi lain, sebenarnya bawang putih ini juga membantu meningkatkan immune tubuh seseorang.

Pada penelitian terakhir, ditemukan fakta bahwa bawang putih berfungsi sebagai antifungal dan antiseptic. Sehingga, bawang putih kerap disarankan dikonsumsi untuk mencegah flu, demam, batuk atau infeksi paru-paru.

Kelebihan bawang putih ini disebabkan karena bawang putih kaya kandungan vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, fosfor, zat besi serta sulfoxide alliin (yang juga dikenal sebagai anti-bakteri)

Nah kalau bawang merah tak jauh beda dengan bawang putih, yang mengandung kimia antiviral.Rendam potongan bawang merah mentah di madu, biarkan selama semalaman. Gunakan campuran ini seperti sirup obat batuk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan banyak bawang merah dalam masakan saat sedang terkena flu

Buah dan sayuran

Mengonsumsi buah dan sayuran bukan saja baik untuk program diet Anda. Tetapi, kandungan vitamin C dan bioflavenoid di dalamnya dapat membantu meningkatkan produksi antibodi di dalam tubuh.

Selain itu, buah dan sayur juga membantu mengurangi lemak jahat yang menyebabkan penyakit jantung.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kandungan vitamin E dalam kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin E juga membantu menstimulasi produktivitas tubuh melawan bahaya sel-sel kanker yang menggerogoti tubuh.

Demikian semoga bermanfaat, yuk mari kita mulai makan dan pola hidup yang sehat ^_^

MacaroniMami

image: Okezone.com (Foto: Boldsky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *